TENTANG DIRIKU

Hello sobat… Sudah lama saya tidak post diblog ini. Tak terasa sekarang sudah tahun 2017. Tahun baru, tentunya harus memiliki semangat baru juga kan? semangatzzz J

Pada post kali ini saya akan share pengalaman dan sekaligus memperkenalkan diri ke sobat semua… (TAK KENAL MAKA TAK SAYANG)

Nama saya Mariska Novelia Adelaide, Sobat bisa panggil saya “riska”.Saya lahir di kota pahlawan alias Surabaya 25 november 1998. Saya anak pertama dari Basuki Rachmat dan Nur Laila Al-gadri. Ayah saya seorang teknik Pesawat dan Ibu saya seorang ibu rumah tangga. Saya mempunyai 1 adik perempuan dan 1 adik laki-laki. Hobi saya adalah berolahraga. Saya juga suka memancing bersama ayah disaat luang waktu. Untuk riwayat pendidikan, saya pernah bersekolah di TK HANG TUAH 10 JUANDA tahun 2003-2005 , di SD HANG TUAH 10 JUANDA tahun 2005-2011, di SMPN 1 SEDATI tahun 2011-2014 dan di SMAN 3 SIDOARJO tahun 2014-2016. Yap…. saya hanya mengabiskan masa SMA saya selama dua tahun. Mengikuti percepatan belajar adalah kesempatan bagi saya untuk berkarier diusia muda. Akan tetapi dengan dengan ikut percepatan belajar ini kita memang harus sedikit dipaksa untuk belajar bobot materi yang banyak dalam waktu singkat. Dan itu membutuhkan perjuangan yang lebih diawal-awal…. Bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian… ya kan?

Setelah lulus SMA, saya mengikuti tes SIPENCATAR untuk masuk di ATKP SURABAYA. Kalau ditanya apakah saya sebelumnya mengikuti SNMPTN dan SBMPTN? ya saya mengikutinya akan tetapi saya tidak diterima dalam kedua program tersebut. Memang perasaaan saya pada waktu itu sedikit down, saya takut saya akan menganggur satu tahun. Tapi keluarga selalu men support saya, terutama ayah. Kami bersama-sama mencari informasi penerimaan mahasiswa baru. Dan pada akhirnya ayah menawarkan saya untuk mendaftar di ATKP SURABAYA lewat pendaftaran  Seleksi Penerimaan Calon Taruna atau yang akrab di sebut (SIPENCATAR). Perlu Sobat ketahui kalau pada universitas atau institute dikenal sebutan  mahasiswa dan mahasiswi  tapi kalau di Sekolah kedinasan transportasi dikenal sebutan taruna dan taruni. Dan Alhamdulillah saya diterima di ATKP SURABAYA pada  Program studi DIII Lalu lintas Udara J J J



Apakah Sobat tau apa ATKP SURABAYA itu?

ATKP SURABAYA (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan SURABAYA) adalah sebuah akademi / sekolah kedinasan transportasi yang menerapkan sistem pendidikan semi militer dibawah naungan Kementerian Perhubungan dan BPSDM.  Akademi ini beralamatkan di Jl Jemur Andayani 1 NO.73 Surabaya-60236 . Untuk Program studi apa saja yang ada di ATKP SURABAYA setiap tahunnya berbeda-beda tergantung keputusan dari Kementerian Perhubungan dan BPSDM. Pada pendaftaran SIPENCATAR tahun 2016 terdapat 7 program studi yaitu D III Lalu Lintas Udara, DIII Teknik Listrik Bandara, D III Teknik Navigasi Udara, D III Teknik Peswat Udara, D III Komunikasi Penerbangan, D III Manajemen Transportasi Udara dan  D III Teknik Bangunan dan Landasan.  Jika sobat tertarik sobat dapat mengunjungi website ATKP SURABAYA untuk mendapatkan  informasi yang lebih detail : www.atkpsby.ac.id  untuk informasi pendaftaran SIPENCATAR dapat sobat akses di bpsdm.dephub.go.id

Seleksi  apa saja yang disajikan dalam SIPENCATAR ?  
    
Ada 5 tahap Seleksi yang disajikan oleh SIPENCATAR
1.  Seleksi  Potensi Akademik
Tes Potensi Akademik  sobat bakal disajikan soal setara ujian nasional ada matematika, fisika, dan bahasa inggris. Khusus untuk fisika dibeberapa pilihan program studi tidak disajikan. Sobat dapat mencari contoh soal-soal tes TPA sipencatar di google search.
2.  Seleksi Psikotes
Seleksi Psikotes, Sobat akan menghadapi soal krepelin atau tes Koran. Ituloh tes yang menjumlah  2 angka berturut-turut keatas, sobat bakal di tes logika, tes pengetahuan tentang lawan kata maupun sinonim, sobat juga dites kecepatan berhitung, dites seberapa kuat ingatan sobat dan terakhir tes gambar (gambar pohon, gambar manusia dan kotak delapan). Sobat dapat latihan soal psikotes lewat buku atau sobat dapat search aja di GOOGLE.
3.  Seleksi  Kesehatan
Seleksi Kesehatan ini sobat bakal di cek lengkap kesehatannya, dari kepala sampai ujung kaki, terutama panca indera. Yap… seperti pendengaran, penglihatan, saraf, wawancara kesehatan, indera pembau, periksa gigi, dll. Jika sobat ingin lolos tes ini sobat harus jaga kesehatan mulai dari sekarang, bagi sobat yang suka pedas kurangi makan makanan yang pedas ya hehehehe…….
4.  Seleksi Kesamaptaan
Untuk seleksi kesamaptaan , Pertama sobat bakal dites lari dalam waktu 12 menit  sobat dapat menempuh berapa meter. Cari amannya sobat harus mampu dalam 12 menit menempuh lebih dari 2000 meter. Setelah itu sobat dites push up, sit up dan shuttle run. Untuk push up sendiri sobat harus bisa paling tidak 30 keatas push up, sit up 40 keatas dan shuttle run tidak lebih 18 detik  3 putaran atau setara 60 meter. Untuk tipsnya, Sobat dapat melatih kesemaptaan mulai dari sekarang secara bertahap. Bagi sobat yang belum bisa pushup dan situp, sobat dapat latihan pushup dan situp setelah bangun tidur atau akan tidur secara bertahaptoh ,contoh  hari pertama 5 kali,hari kedua sobat harus bisa 6 kali seterusnya  sampai sobat nantinya terbiasa pushup dan situp. sobat dapat melatih lari sobat dengan lari pagi setiap hari.
5.  Seleksi  Wawancara
Yang terakhir adalah seleksi wawancara.  Sobat akan diberi pertanyaan yang berhubungan dengan penerbangan, pengetahuan sobat tentang pendidikan ketarunaan, dan pertanyaan tentang personal information sobat-sobat semua…

Itulah pengalaman saya, semoga bermanfaat untuk sobat semua…..

SEMANGAT 2017 !!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri, Kelebihan, dan Kekurangan macam-macam sistem ekonomi.

Tugas & Wewenang Presiden

Sejarah Kabupaten Sidoarjo